Inilah Jenis-Jenis Tabungan yang Bebas Biaya Admin

Tanpa Anda sadari saat menabung atau menggunakan layanan lainnya di Bank seperti mengajukan karti ATM, kartu kredit atau pengajuan kredit terdapat biaya admin bank. Memang kebanyakan bank memberlakukan biaya ini dan biaya tersebut berdasarkan syarat ketentuan oleh bank. Tabungan Anda di bank pun tak luput dari pengurangan biaya admin bank setiap bulannya. Walau hampir setiap bank dan produknya memberlakukan itu, tapi tetap ada yang gratis biaya admin.

Ada jenis tabungan yang disediakan oleh beberapa bank tanpa biaya admin bank. Sehingga, jumlah tabungan Anda tidak terpotong biaya ini. Mau tahu produk tabungan apa saja dan dari bank mana yang bebas biaya admin? Simak terus ya!

Tabunganku

Jenis tabungan yang pertama adalah Tabunganku. Tabunganku adalah suatu program tabungan yang dijalankan dari hasil kerjasama pemerintah dengan pihak bank. Dalam hal ini Bank Indonesia (BI) yang menaungi seluruh bank-bank di Indonesia memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk membuka rekning tabungan bebas biaya admin bank ini di bank-bank yang bekerjasama. Adapun bank-bank tersebut adalah BRI, Mandiri, BCA dan BNI.

Permata Tabungan Bebas

Bank Permata juga mengeluarkan produk tabungan yang bebas biaya admin bank dan diberi nama Tabungan Bebas. Untuk bebas biaya admin, nasabah harus mampu menjaga saldo minimal pada tabungannya sebesar Rp 5 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk membuka rekening pada Tabungan Bebas ini, Anda harus menyediakan setoran awal Rp 250 ribu.

Danamon Lebih

Tak hanya Bank Permata saja, Bank Danamon juga memiliki layanan tabungan bebas biaya admin bank. Layanan tersebut diberi nama Danamon Lebih yang mana kelebihannya setiap nasabah tidak akan membayar biaya admin setiap bulannya. Bahkan saat membuka Tabungan Lebih, nasabah mendapatkan asuransi jiwa untuk 6 bulan pertama senilai Rp 100 juta. Plusnya lagi, Anda juga akan memperoleh cashback pada pembelanjaan produk-produk tertentu.

CIMB Niaga Air Asia Savers

Selanjutnya ada produk tabungan yang disebut dengan CIMB Niaga Air Asia Savers yang merupakan produk tabungan hasil joint dari CIMB dengan maskapai penerbangan Air Asia. Jika Anda membuka tabungan ini akan bebas biaya admin bank dan saat membukanya, hanya perlu menyetor dana sebesar Rp 100 ribu saja. Kelebihan lainnya adalah saldo minimum senilai Rp 50 ribu dan Anda sudah mendapatkan kartu ATM untuk memudahkan transaksi. Jadi, cara transaksinya bisa sama seperti produk tabungan bank-bank lainnya.

Selain memilih tabungan yang tepat, untuk bebas biaya admin bank, Anda juga harus memperhatikan transaksi yang dilakukan. Misalnya saja dengan tidak melakukan transfer antar bank, sehingga tidak ada biaya admin yang dibebankan pada transfer Anda. Jangan sering-sering mengecek saldo Anda di mesin ATM karena itu menambah biaya admin bank. Layanan itu seperti yang berlaku pada bank BCA. Setiap nasabah mengecek saldonya maka ada biaya adminnya.