Cara Cepat Mengobati Kucing Sakit

Ada banyak penyakit yang biasa menyerang kucing dan seperti apa ciri-ciri kucing sakit ini harus Anda ketahui. Apalagi bagi Anda yang memeliharanya. Penyakit yang paling sering menyerang adalah demam panas. Penyebabnya bisa bervariasi. Ada karena peradangan, infeksi jamur, virus, kekebalan tubuh yang menurun, hingga alergi.

Bagi Anda para pencinta kucing, menghadapi masalah ini tentunya membuat Anda kepikiran bahkan ada yang langsung membawa ke dokter hewan. Tapi tenang dulu. Tak semua penyakit hanya bisa diatasi oleh dokter. Anda juga bisa mencoba mengobatinya secara mandiri dan langsung dari rumah. Mau tahu caranya? Yuk, simak di sini!

  1. Beri Air Putih yang Cukup

Kucing yang sedang demam biasanya mengalami dehidrasi. Sediakanlah air minum yang cukup untuk mengatasi masalah dehidrasi ini. Lagipula, air putih juga mampu menjadi obat sebagai penurun panas alami.

  1. Beri Suplemen Energi dan Vitamin B

Jika kucing Anda demam, Anda juga bisa memberinya suplemen energi dan vitamin B. Ini memang bukan jenis obat penurun panas, tapi mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh si kucing yang tidak nafsu makan.

Jika kondisi kucing yang kehilangan nafsu makan terus dibiarkan, lama-lama kondisi mereka akan jauh lebih buruk. Dengan pemberian suplemen dan vitamin B ini, diharapkan kondisi kucing Anda tetap terjaga meski tidak makan.

  1. Dinginkan Tubuh Kucing

Jika ada yang heran kenapa mendinginkan tubuh kucing bisa masuk dalam kategori pengobatan sakit panas, ada jawaban yang tepat, kok. Sama seperti manusia, demam panas membuat suhu tubuh naik. Mendinginkan tubuh dengan cara menggompres bisa jadi solusinya.

Bila pada manusia menurunkan suhu tubuh dengan cara dikompres, cara itu juga bisa berlaku pada kucing. Anda bisa menggompresnya dengan bantalan es pada tubuh atau cakarnya. Jika mereka tak berontak atau rewel, Anda juga bisa mencoba membasuh tubuhnya dengan sedikit air. Jangan sampai terlalu basah. Cara ini mampu mendinginkan suhu tubuh yang berlebihan.

Penyakit yang sering menyerang

  1. Beri Obat Anti Demam Khusus Kucing

Jika sudah dikompres dan diberi suplemen serta vitamin kucing Anda tetap tidak memberi perubahan, Anda bisa mencoba memberi obat anti demam yang aman khusus kucing. Salah satunya bernama Tolfenamic Acid. Obat ini mampu menangani berbagai demam akibat infeksi, trauma serta peradangan pada kucing.

Ingat! Dosis penggunaannya harus tepat. Untuk kucing dengan berat di bawah 1,5 kilo, dosisnya adalah sepertiga tablet perhari. Sedangkan untuk 1,5 kg ke atas, dosisnya 1 tablet per hari. Nah, jika kucing Anda punya berat 4 sampai 5 kilo, dosis yang diberikan lebih tinggi lagi. Sekitar 3 tablet perhari.

Ada lagi Meloxicam, obat ini juga efektif untuk meredakan demam pada kucing. Tapi ada yang harus diperhatikan jika memberi obat jenis ini ke kucing Anda. Kucing Anda tidak boleh kekurangan cairan. Jika tidak, akan berdampak sangat fatal. Jika kekurangan cairan, obat ini mampu membuat kucing Anda gagal ginjal karena fungsinya yang melemah.

  1. Tingkatkan Nafsu Makan Kucing

Cara paling aman untuk menyembuhkan panas pada kucing adalah dengan memberinya makan yang cukup. Memang, kucing yang sakit selayaknya manusia akan sangat sulit makan. Tapi, cobalah variasikan makanan mereka agar setidaknya mereka mau makan. Keperluan akan nutrisi pada diri mereka bisa terpenuhi bila mereka tetap mengkonsumsi sesuatu.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana caranya mengobati kucing yang sakit demam panas tanpa harus ke dokter, kan? Caranya juga cukup mudah. Asal Anda tahu ciri-ciri kucing sakit, Anda bisa saja mengobatinya sendiri tanpa harus ke dokter. Hanya saja, jika cara-cara di atas tetap tidak berhasil, segeralah konsultasikan ke dokter agar tetap aman, ya!